PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLINGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VIII DI MTS DARUL ULUM KALIASIN KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Firdaus, Husni Kohpal (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLINGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VIII DI MTS DARUL ULUM KALIASIN KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Firdaus.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan termasuk ke dalam salah satu kebutuhan diri, yakni kebutuhan paedagogies (intelek). Kebutuhan paedagogis, yaitu kebutuhan seseorang terhadap pendidikan, bisa dikatakan bahwa manusia adalah makhluk paedagogik yakni makhluk Allah yang dilahirkan membawa potensi dapat didik dan dapat mendidik, Sebagai pengajar pendidik dituntut senantiasa mengembangkan cara mengajarnya yang membuat peserta didik tertarik dan berminat untuk mempelajari pelajaran yang diberikan. Dengan demikian, pendidik menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran, Pendidik juga mempunyai andil yang cukup besar untuk meningkatkan minat peserta didik supaya peserta didik ketika mengikuti pelajaran yang diampu oleh seorang pendidik. Khususnya mata pelajaran fiqih guru harus memperhatikan strategi yang baik untuk mengajar di dalam kelas, dan salah satu strategi yang biasa digunakan adalah Multiple Intellingences, dimana strategi ini jika diterapkan dengan baik dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana dalam penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui beberapa siklus dimana tiap siklus yang dilakukan akan dianalisis hasil penelitan yang telah dilakukan untuk kemudian diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya sampai tujuan dari penelitian yang direncanakan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Darul Ulum Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupten Lampung Selatan. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, metode wawancara, angket dan metode dokumentasi. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences , keadaan guru, keadaan peserta didik, kurikulum Fiqih, dan sebagainya. Observasi merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan dalam rangka melaksanakan kegiatan pengukuran, yang di dalamnya terdapat berbagai pengamatan yang dilakukan terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru Fiqih. Observasi ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Darul Ulum Kaliasin Tanjung Bintang Kabupten Lampung Selatan. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam menerapkan strategi Multiple Intelligences, baik dalam siklus I maupun siklus II dan selanjutnya sampai selesainya penelitian tindakan kelas yang direncanakan, adapun apa yang akan diobservasi telah dibicarakan dengan kolabor agar hasil yang di dapat akan lebih baik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, dan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Darul Ulum Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:16
Last Modified: 23 Aug 2017 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item