IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SLB A BINA INASNI BANDAR LAMPUNG

NUR AFNI JULIYANTI, JUL (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SLB A BINA INASNI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan kurikulum yang telah ada sebelumnya, baik Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dirintis tahun 2004, dimana merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi seperti yang telah digariskan dalam landasan negara, pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) tahun 2004, memuat beberapa aspek, yaitu kognitif, psikomotor dan afektif (dikenal juga dengan taksonomi Bloom tentang tujuan pendidikan) atau lebih dikenal dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini diimplemntasikan untuk semua bidang studi yang ada di sekolah, salah satunya pembelajaran Pendidikan Agama Islam diseluruh sekolah baik sekolah umum maupun di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pengimplementasian kurikulum 2013 di Sekolah Luar Biasa ini merupakan bukti bahwa tidak ada diskriminasi bagi Anak Brekebutuhan Khusus dalam memperoleh hak mereka terutama dalam bidang pendidikan. Metode Penelitian yang digunakan penulis untuk dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berada di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Bina Insani Bandar Lampung. Sedangkan sumber data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan tentang kurikulum 2013, anak berkebutuhan khusus, pendidikan agama islam. Penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data reduction (reduksi data), display (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Kesimpulan yang didapat penulis setelah melakukan penelitian yaitu bahwasannya implementasi kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam itu sama saja dengan sekolah umum lainya, hanya saja ada perbedaan diamana metode dan strategi yang digunakan di SLB ini menggunakan audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:32
Last Modified: 19 Aug 2020 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item