PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

EPY NOVIANDRI, NOV (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi matematis dan kemampua representasi matematis merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh setiap peserta didik. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan literasi matematis dan representasi matematis peserta didik SMP N 1 Rawajitu Selatan masih tergolong rendah, hal tersebut ditunjukkan oleh data harian semester ganjil kelas VII tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM dengan nilai < 65 sebanyak 117 dari 157 peserta didik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapka model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan kemampuan representasi matematis. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi dan representasi matematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Quasy Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan merupakan Sampel dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitain ini adalah dengan cara Cluster Random Sampling dengan materi perbandingan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Manova dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembeajaran terhadap kemampuan literasi matematis (2) terdapat pengaruh penerapan model pembeajaran terhadap kemampuan representasi matematis (3) terdapat pengaruh penerapan model pembeajaran terhadap kemampuan literasi matematis dan kemampuan representasi matematis. Uji lanjut menggunakan uji tukey yang menunjukkan bahwa untuk kemampuan literasi hanya pada kelas eksperimen 2 yang memiliki perbedaan nyata dengan kelas kontrol. Sedangkan untuk kemampuan representasi pada kelas eksperimen 1 berbeda nyata dengan kelas eksperimen 2, dan kelas eksperimen 2 berbeda nyata dengan kelas kontrol .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:03
Last Modified: 19 Aug 2020 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item