ANALISIS KONTRAK KERJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Miniplan Fijar Desa Jati Wangi Kec. Tanjung Bintang)

Indi Dwi Astuti, Ast (2020) ANALISIS KONTRAK KERJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Miniplan Fijar Desa Jati Wangi Kec. Tanjung Bintang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI INDI DWI ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang sangat rawan terjadi gesekan permasalahan antara para pihak yaitu pengusaha dan pekerja karena disini hubungan para pekerja bersifat sub ordinatif. Kontrak merupakan salah satu hal yang masih menjadi permasalahan bagi para pekerja. lemahnya posisi pekerja dalam pelaksanaan perjanjian kerja membuat banyak pekerja yang tidak mendapatkan haknya sebagaimana mestinya yang telah diatur dalam Undang- Undang No.13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Upah adalah salah satu persoalan penting bagi buruh/pekerja yang sangat mempengaruhi taraf dan hidup buruh/pekerja dan keluarganya dan berdampak pada perekonomian industri dan kegiatan usaha lain. Lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan akan dapat menimbulkan semangat dan bergairah kerja, dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kontrak Kerja dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan?, Bagaimana Kontrak Kerja dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Menurut Perspektif Islam?, Bagaimana upaya Miniplan Fijar dalam memenuhi UMP terhadap Karyawan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang terdapat pada Minipilan Fijar yang berjumlah 40 Orang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem kontrak kerja untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan merupakan sebuah upaya yang digunakan suatu perusahaan untuk memberikan apresiasi atas kinerja karyawannya. Tinjauan Ekonomi Islam yaitu sistem pengupahan yang berupa kontrak kerja seperti yang dilakukan Miniplan Fijar yang terdiri dari kontrak kerja secara tertulis dan tidak tertulis. Kontrak kerja tertulis diberikan pada karyawan di bagian kantor sedangkan kontrak kerja yang tidak tertulis diberikan kepada karyawan selain bagian kantor dengan adanya kesepakatan bersama agar tidak merugikan kedua belah pihak. Sistem pengupahan yang digunakan Miniplan Fijar adalah sistem jangka waktu yang terdiri dari upah harian, mingguan, dan bulanan. Upah yang diberikan Miniplan Fijar belum keseluruhan sesuai dengan UMR Provinsi Lampung tetapi untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan Miniplan Fijar memberikan bonus tambahan bagi karyawan yang masuk penuh 1 bulan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:57
Last Modified: 19 Aug 2020 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item