IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Winanda , Fakih Imam (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Winanda.pdf]
Preview
PDF
Download (66MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di sekolah-sekolah secara umumnya saat ini masih sangat kurang dalam penerapan manajemen di sekolahnya sendiri. Sedangkan secara khusus telah terdapat beberapa sekolah yang sudah baik dan unggul dalam manajemennya. Salah satunya di SMA Al Kautsar Bandar Lampung yang terkesan sudah baik dalam manajemen, baik untuk staff, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat sekitar. Sehingga tidak perlu banyak pembenahan dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah yang diterapkan oleh SMA Al Kautsar Bandar Lampung, sehingga paham akan keunggulan-keunggulan didalam Manajemen Sekolah, guna menjadi acuan serta semangat bagi sekolah-sekolah lain untuk dapat meningkatkan Manajemen di sekolahnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah motivasi untuk SMA Al Kautsar Bandar Lampung, tetap mempertahankan manajemen didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terlebih dahulu kepada waka kurikulum, dilanjutkan wawancara kepada waka kesiswaan, dilanjutkan wawancara kepada waka sarana dan prasarana, dilanjutkan wawancara kepada staff bagian keuangan, kemudian dilanjutkan wawancara kepada salah satu guru dan siswa SMA Al Kautsar Bandar Lampung guna mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Peneliti melanjutkan dengan observasi di sekolah untuka mendapatkan keabsahan data yang telah didapatkan dari hasil wawancara sebelumnya, dan peneliti melakukan dokumentasi dengan mengambil beberapa data di sekolah untuk melengkapi penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya manajemen sekolah sangat diperlukannya standar Manajemen Berbasis Sekolah atau unsur-unsur yang telah ditetapkan, sehingga semua manajemen di sekolah dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dibidangnya masing-masing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:59
Last Modified: 23 Aug 2017 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item