TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN GRONDKAART SEBAGAI BUKTI PENGUASAAN TANAH (Studi Pada Penggunaan Tanah PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Divisi Regional IV Tanjung Karang)

RINI AMBAR SARI, SAR (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN GRONDKAART SEBAGAI BUKTI PENGUASAAN TANAH (Studi Pada Penggunaan Tanah PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Divisi Regional IV Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Grondkaart adalah sebuah peta tanah pada zaman Belanda, terdiri dari satu kesatuan surat tanah yang berisi asal muasal tanah, batas-batas tanah, dan lain-lain yang berfungsi sebagai petunjuk yang menjelaskan bahwa tanah yang diuraikan dalam Grondkaart itu merupakan kekayaan negara. Aset tanah PT.Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan warisan perusahaan Kereta Api Belanda yang terkena nasionalisasi, tanah tersebut sering menimbulkan sengketa dikarenakan bukti penguasaan atas tanah berupa Grondkaart yang tidak diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 (Undang-Undang Pokok Agraria) dan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Pesatnya pengembangan perkeretaapian saat ini tentu harus didukung dengan pengamanan dan pengelolaan aset-aset sebagai salah satu modal utamanya. Sayangnya, penyerobotan dan penguasaan aset PT.Kereta Api Indonesia (Persero) oleh pihak-pihak yang tidak berhak dan secara ilegal masih marak terjadi. Oleh karena itu peneliti akan meneliti lebih lanjut masalah ini dan yang akan menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kedudukan hukum dan penggunaan Grondkaart sebagai bukti penguasaan tanah milik PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam sistem perundang-undangan di Indonesia? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang Grondkaart sebagai bukti penguasaan tanah milik PT.Kereta Api Indonesia (Persero)? Pelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan wawancara langsung antara peneliti dengan narasumber, kemudian hasilnya akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kedudukan Grondkaart sebagai bukti penguasaan tanah perkeretaapian dalam sistem perundang-undangan di Indonesia berdasarkan Surat Menteri Keuangan/Dirjen Pembinaan BUMN Kepada Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. S-11/MK.16/1994 tanggal 24 Januari 1995, Grondkaart dapat dijadikan sebagai bukti penguasaan atas tanah perkeretaapian, akan tetapi harus segera dibuatkan sertifikat hak atas tanah untuk memantapkan status hak atas tanah PT.Kereta Api Indonesia (Persero). Grondkaart dan sertifikat mempunyai bentuk yang sama berupa ketetapan (beschiking) tetapi kedudukan Grondkaart tidak dapat disamakan dengan sertifikat hak atas tanah yang berlaku sekarang. Di dalam Islam tidak mempunyai satu teori lengkap yang berhubungan dengan sistem pertanahan, namun praktek-praktek pengadaan tanah juga pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan Umar bin Khattab. Tinjauan hukum Islam tentang Grondkaart sebagai bukti penguasaan tanah yang dilakukan pada kantor Divisi Regional IV Tanjung Karang PT.Kereta Api Indonesia (Persero) berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan kaitannya dengan hukum Islam Grondkaart merupakan produk hukum masa lalu yang dijadikan sebagai alat bukti kepemilikan terhadap tanah milik pemerintah yang kuat dan sempurna dan diakui

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:01
Last Modified: 19 Aug 2020 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item