PERAN MEDIA MASSA ONLINE TERHADAP PILIHAN POLITIK MAHASISWA DALAM PILPRES 2019 PERSPEKTIF SIYASAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

HENI APRILIA, APR (2020) PERAN MEDIA MASSA ONLINE TERHADAP PILIHAN POLITIK MAHASISWA DALAM PILPRES 2019 PERSPEKTIF SIYASAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI HENI APRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Politik sangat erat berhubungan dengan media, karena salah satu tujuan media yakni untuk membentuk pendapat umum mengenai berbagai hal dalam berpolitik. Media massa ini sangatlah mempunyai peran penting terhadap pilihan politik mahasiswa itu sendiri yaitu berkisar 50%, dapat diartikan ketika seseorang telah mengalami terpaan media massa, pengaruh media massa bisa terjadi dalam bentuk perubahan sikap yang merupakan suatu kesiapan bertindak, berpersepsi seseorang untuk peranan media massa dalam struktur politik tidak hanya sekedar menyebarkan berbagai informasi politik ke publik, akan tetapi peranan media massa ini sangat potensial dalam memasukkan input politik dalam sebuah sistem. Selain itu media massa juga memiliki peran menyampaikan kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah kepada rakyat mengahadapi merespon masalah-masalah politik yang terjadi yang dilakukan oleh mahasiswa. Permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu 1). Bagaimana Peran Media Massa Online Dalam Mempengaruhi Pilihan Politik Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara dalam Pilpres 2019 dan 2). Bagaimana Pandangan Siyasah Terhadap Peran Media Massa Online Terhadap Pilihan Politik Mahasiswa Dalam Pilpres 2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk Mengetahui Peran Media Massa Online Dalam Mempengaruhi Pilihan Politik Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara dalam Pilpres 2019 dan 2). Untuk Mengetahui Paandangan Siyasah Terhadap Peran Media Massa Online Dalam Pilpres 2019. Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditetukan bahwa 1). Mempunyai peran penting media massa online dalam memberikan informasi terhadap pilihan presiden dalam menentukan pilihan politik mahsiswa Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syari‟ah Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung. dan 2). Pandangan siyasah dalam peran media massa online terhadap pilihan politik mahasiswa dalam pilpres 2019 sudah sesuai dengan fiqh siyasah dan merupakan bentuk dari siyasah Idariyahh. Administrasi Negara dimana adanya media massa yang berperan dalam pilihan politik yaitu kebebasan dalam mengemukakan pendapat dimana adanya kebebasan dalam memilih dan menjatuhkan pilihan terhdap pilpres 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:49
Last Modified: 19 Aug 2020 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item