PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 WAY DADI BANDAR LAMPUNG

Tia Sakti Jelita, Jel (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 WAY DADI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI Tia Sakti Jelita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang masih rendah, peserta didik mengalami kejenuhan saat proses belajar mengajar, model yang digunakan kurang mendukung keaktifan belajar pserta didik, guru tidak menggunakan media yang manarik minat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan mediavideo interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung pada tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, dan desaian penelitian posttest control group desaign. Populasi pada penelitian ini sebanyak 71 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (acak kelas), digunakan untuk menentukan kelas control dan kelas eksperimen. Kelas V C sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media video interaktif. Sedangkan kelas V B sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Berdasarkan perhitungan uji tes padakelas eksperimen dan kelas control hipotesis maka diperoleh diperoleh Thitung 4,694> Ttabel 2,014 artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media video interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:38
Last Modified: 19 Aug 2020 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item