ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGURANGAN DAN PENAMBAHAN UANG DALAM PENGEMBALIAN PAKAIAN CACAT (Studi Di Pasar Minggu, Kelurahan Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat)

KARMILA ASMAWATI, ASM (2020) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGURANGAN DAN PENAMBAHAN UANG DALAM PENGEMBALIAN PAKAIAN CACAT (Studi Di Pasar Minggu, Kelurahan Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI KARMILA ASMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu transaksi tukar menukar barang dari orang yang satu kepada yang lainnya. Jual beli juga sangat dianjurkan dengan tujuan untuk saling tolong menolong guna memenuhi kebutuhan hidup. Namun, praktik jual beli yang dilakukan di Pasar Minggu Kelurahan Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat sedikit berbeda, ada beberapa warga yang melakukan transaksi jual beli dengan mengadakan pengurangan dan penambahan uang apabila seorang pembeli ingin menukar barang yang di perjual belikan karena adanya kecacatan atau ingin mengambil uang kembali dengan mengurangi uang yang akan di kembalikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana praktik pengurangan dan penambahan uang dalam pengembalian pakaian cacat ? dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik pengurangan dan penambahan uang dalam pengembalian pakaian cacat di Pasar Minggu Kelurahan Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat ?. selain itu, adapun tujuan dari permasalahan ini, yaitu: Untuk mengetahui praktik pengurangan dan penambahan uang dalam pengembalian pakaian cacat dan Untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktik pengurangan dan penambahan uang dalam pengembalian pakaian cacat di Pasar Minggu Kelurahan Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dan untuk analisis data penulis menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan induktif. Berdasarkan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pada praktik ini pihak penjual melakukan pengurangan dan penambahan uang kepada pihak pembeli yang meminta uangnya kembali dikarenakan adanya cacat pada pakaian yang telah dibeli. pengurangan dan penambahan uang tersebut merupakan kebijakan yang hanya dilakukan oleh pihak penjual saja sehingga pihak pembeli harus menyetujui kebijakan tersebut apa bila ingin mendapatkan ganti dari pakaian yang cacat tersebut. Menurut hukum Islam pada praktik pengurangan uang dalam pengembalian pakaian cacat bertentangan dengan hukum Islam karena dalam khiyar jual beli pihak penjual tidak memperbolehkan melakukan pengurangan uang pada pihak pembeli yang melakukan pengembalian dan meminta uangnya kembali, pihak pembeli juga sebelumnya tidak diberitahu tentang adanya hal itu. Sedangkan pada penambahan uang dalam hukum Islam masih diperbolehkan karena sebelumnya pihak pembeli telah membawa pakaian yang sudah dibeli tersebut dan mencoba dirumah atau sebelumnya ada yang sudah melepas segel dan merk sebelum di kembalikan dengan adanya hal tersebut pihak penjual tidak ingin merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:57
Last Modified: 18 Aug 2020 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item View Item