TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN WALIKOTA NOMOR 83 TAHUN 2011 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM (Studi di Jalan Jendral Suprapto Tanjung Karang Bandar Lampung)

TIARA VIRGINIA JASMINE, JAS (2020) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN WALIKOTA NOMOR 83 TAHUN 2011 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM (Studi di Jalan Jendral Suprapto Tanjung Karang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Parkir adalah setiap kendaraan yang berhenti ditempat-tempat tertentu baik yang dinyatakan oleh rambu-rambu lalu lintas atau tidak oleh pengemudinya tentunya ada seseorang yang bekerja sebagai keamanan dan bertanggung jawab dalam menjaga kendaraan tersebut. Ada larangan parkir ditepi badan jalan karena akan mempersempit ruang kendaraan yang melintas. Ditinjau dari peraturan Peraturan Walikota Bandar Lampung No. 83 tahun 2011 yang menyebutkan bahwa tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 1500 pada satu jam pertama, setelah satu jam pertama dikenakan retribusi Rp 1000 per jamnya sedangkan untuk tarif parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 2500 pada satu jam pertama, setelah lewat dari satu jam pertama dikenakan retribusi Rp 1500 perjamnya. Hukum Islam menjelaskan bahwa hukum pajak dan pemungutannya apabila menyalahi aturan yang telah ditentukan dari suatu pemimpin maka hal tersebut jelas keharamannya, hal ini sesuai dengan surah Ali-Imran ayat 76 mengenai penetapan peraturan yang harus dijalankan sesuai peraturan yang berlaku. Sangat jelas bagi orang yang menyalahi aturan dalam tindakan pengambilan atau yang melakukan penarikan dalam retribusi secara batil itu diharamkan oleh Islam. Dari uraian tersebut dapat dirumuskan permasalahan bagaimana implementasi Peraturan Walikota Pasal 6 Nomor 83 Tahun 2011 tentang tarif parkir kendaraan di jalan Jendral Suprapto Tanjung Karang Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasitarif parkir kendaraan dalam Peraturan Walikota Pasal 6 Nomor 83 tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Walikota Pasal 6 Nomor 83 tahun 2011 melihat terjalankannya Peraturan Walikota Pasal 6 Nomor 83 tahun 2011 serta melihat tinjauan fiqh siyasah dari implementasi Peraturan Walikota Nomor 83 tahun 2011. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengambil data yang berupa tulisan, perilaku, tindakan, peristiwa, kejadian, dan kata-kata penulis menggunakan metode induktif untuk menganalis data dengan bentuk laporan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implemetasi Peraturan Walikota Nomor 83 tahun 2011 masih kurang baik dimana dalam pengelolaan parkir di lapangan dapat dilihat masih adanya pakir ganda . Jika dikaitkan dengan fiqh siyasah dalam prinsip persamaan hak dalam mewujudkannya dapat dilihat dari nilai keadilan sebagaimana apabila hukum itu berdiri supaya diterapkan dengan adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:28
Last Modified: 18 Aug 2020 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item