PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

SHINTA BELA EMELTA, eme (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SHINTA BELA EMELTA FULL ok.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SHINTA BELA EMELTA pusat.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus. Serta kurangnya variasi dalam menggunakan strategi pembelajaran oleh guru, pembelajaran membosankan dan cendrung menggunakan metode ceramah, mengerjakan LKS, Merangkum. Maka perlu adanya penggunaan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini menggunakan strategi Information Search (IS) untuk meningkatkan hasil belajar PAI. Maka dari pemaparan latar belakang tersebut menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Information Search (IS) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Information Search (IS) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian yang diperoleh dari posttest dengan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 3,576 dan ttabel 1,669, maka pada taraf signifikan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran Information Search (IS) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:38
Last Modified: 13 Aug 2020 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item