ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEMPATAN KERJA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Tahun 2011-2018)

INDRA SETIAWAN, set (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEMPATAN KERJA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Tahun 2011-2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI INDRA SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah penting dalam makro ekonomi. Tenaga kerja yang meningkat dengan cepat menjerumuskan perekonomian ke pengangguran dan kekurangan lapangan kerja. Kondisi kesempatan kerja Provinsi Lampung mengalami fluktuatif dari waktu ke waktu. Pada tahun 2011 kesempatan kerja sebesar 3.482.301, mengalami penurunan ditahun 2012 sebesar 3.449.307 dan mengalami kenaikan sebesar 3.931.321 ditahun 2016, secara keseluruhan kesempatan kerja tertinggi di tahun 2018 yaitu mencapai 4.060.377. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh secara parsial antara angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, upah minimum dan inflasi terhadap kesempatan kerja di Kabupaten/kota Provinsi Lampung?, bagaimana pengaruh secara simultan antara angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, upah minimum dan inflasi terhadap kesempatan kerja di Kabupaten/kota Provinsi Lampung?, serta bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja dalam perspektif ekonomi islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, upah Minimum dan inflasi terhadap kesempatan kerja Kabupaten/kota di Provinsi Lampung tahun 2011-2018 baik secara parsial maupun simultan, serta bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan model regresi Random Effect. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial angkatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dan inflasi tidak berpengaruh terhadap kesempatan kerja kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Secara simultan variabel angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, upah minimum dan inflasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kesempatan kerja kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Bekerja bagi umat Islam di samping dilandasi oleh tujuan-tujuan yang bersifat duniawi, juga sebagai wujud beribadah. Islam mendorong umatnya untuk bekerja dan memproduksi, bahkan menjadikan sebagai sebuah kewajiban terhadap orang-orang yang mampu, Kekhususan pertumbuhan dan pembangunan dalam ekonomi Islam ditekankan pada perhatian yang sangat serius pada pengembangan sumber daya manusia sekaligus pemberdayaan alam untuuk meningkatkan harkat martabat manusia, islam mengajarkan bagaimana menetapkan upah yaitu dengan tidak melakukan kezaliman terhadap buruh ataupun dizalimi oleh buruh, Dalam ekonomi Islam tidak dikenal dengan inflasi, karena mata uang yang dipakai adalah dinar dan dirham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:35
Last Modified: 13 Aug 2020 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11538

Actions (login required)

View Item View Item