PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF BERBASIS POTENSI LOKAL DI DESA KEDIRI KECAMATAN GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU

RAHIMA SARI, sar (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF BERBASIS POTENSI LOKAL DI DESA KEDIRI KECAMATAN GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ROHIMAH SARI OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kediri dalam meningkatkan kemampuan masyarakat melalui kegiatan pelatihan-pelatihan untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Fokus dalam kegiatan pemberdayaan yaitu pemberdayaan masyarakat melalui kreasi pembuatan alat-alat rumah tangga di desa Kediri Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu, yang dimaksud untuk pemberian ketrampilan kepada masyarakat sehingga memiliki kemampuan untuk mengolah bambu menjadi alat-alat rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi. Penelitian ini menggunakan perspektif pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, aktivitas social dan lain-lain. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pengurus/Pengelola “Bambu Kreasi” di desa Kediri Kecamatan Gading Rejo Pringsewu .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif berbasis Potensi Lokal di Desa Kediri Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah berjumlah 13 orang yang dianggap tahu untuk mewakili yang terdiri dari 3 orang pengurus bambu kreasi dan 10 anggota bambu kreasi.Untuk mempermudah dalam mengambil data lapangan, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan kegiatan verifikasi dalam penelitian ini yaitu menarik kesimpulan yang diperoleh dari berbagai sumber, kemudian peneliti mengambil kesimpulan sementara sambil mencari data pendukung. Hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa hasil pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal, yaitu pada segisosial kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat ikut mengembangkan potensi sumber daya lingkungan yaitu produk-produk hasil dari kerajinan bambu agar lebih bernilai jual. Hasil pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dihasilkan berupameja, kursi, rak sepatu, rak piring, serta peralatan rumah tangga lain nya. Dari berbagai macam keahlian yang dimiliki sekarang, masyarakat sudah dapat mandiri dan dapat menghasilkan sesuatu untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Segi ekonomi, sekarang anggota bambu kreasi sudah cukup meningkat. Dengan penjualan dari hasil produksi mereka seperti meja dan lain-lain membuat mereka mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-sehari. Segi ekonomi program pemberdayaan masyarakat yaitu bertambahnya pendapatan masyarakat karena pemberdayaan tersebut memberikan usaha baru bagi masyarakat. Pendapatan merupakan suatu jumlah yang diterima dari hasil kerja usaha yang dapat dinilai dengan uang karena kerja merupakan sumber utama pendapatan. Pendapatan tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:33
Last Modified: 12 Aug 2020 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item