PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ (Studi pada BAZNAS dan LAZNAS di Lampung)

ASTUTI PATMININGSIH, PAT (2020) PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ (Studi pada BAZNAS dan LAZNAS di Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan potensi besar umat Islam, yang dapat digunakan sebagai salah satu solusi persoalan kemiskinan. Zakat produktif adalah bentuk pendayagunaan zakat yang bermanfaat jangka panjang bagi mustahiq, tujuannya mengubah mustahiq menjadi muzakki, dalam hal ini berupa tambahan modal usaha, dan pendampingan usaha, sebagaimana yang dilakukan Organisasi Pengelola Zakat yaitu BAZNAS dan LAZNAS. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kondisi zakat produktif, sumber daya manusia dan kesejahteraan mustahiq?, Bagaimana pengaruh zakat produktif terhadap kesejahteraan mustahiq ?, Bagaimana pengaruh sumber daya manusia mustahiq terhadap kesejahteraan mustahiq ?, Bagaimana pengaruh zakat produktif dan sumber daya manusia mustahiq secara simultan terhadap kesejahteraan mustahiq? dan Bagaimana perbedaan hasil uji variabel penelitian pada BAZNAS Kota Bandar Lampung dan LAZNAS IZI Cabang Lampung? Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menemukan kondisi zakat produktif, sumber daya manusia mustahiq dan kesejahteraan mustahiq, menganalisis dan menemukan pengaruh zakat produktif terhadap kesejahteraan mustahiq, menganalisis dan menemukan pengaruh sumberdaya manusia mustahiq terhadap kesejahteraan mustahiq, menganalisis dan menemukan pengaruh zakat produktif dan sumberdaya manusia mustahiq secara simultan terhadap kesejahteraan mustahiq, serta menganalisis dan menemukan perbedaan hasil uji variabel penelitian pada BAZNAS Kota Bandar Lampung dan LAZNAS IZI Cabang Lampung Penelitian ini field research (penelitian lapangan), termasuk penelitian survai, menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data (kuantitatif methods). Berdasarkan tujuannya termasuk kategori deskriptif. Analisis data menggunakan deskriptif, analisis korelasi,analisis regresi dengan uji t dan uji F, analisis Komparatif dengan uji sampel t-test. Tekhnik pengumpulan data melalui angket,kepada responden sebanyak 65 mustahiq BAZNAS Kota Bandar Lampung dan LAZNAS IZI Cabang Lampung yang mengikuti program zakat produktif. Hasil penelitian menemukan kondisi sangat baik (level 08,01-100) pada zakat produktif, sumber daya manusia mustahiq serta kesejahteraan mustahiq BAZNAS dan LAZNAS, terdapat hubungan pada level sedang(0,564 BAZNAS) dan (0,536 LAZNAS) antara zakat produktif dengan kesejahteraan mustahiq, terdapat hubungan pada level lemah (0,306 BAZNAS) dan sedang (0,526 LAZNAS) antara sumber daya manusia mustahiq dengan kesejahteraan mustahiq dan terdapat pengaruh secara simultan antara zakat produktif dan sumber daya manusia mustahiq terhadap kesejahteraan mustahiq BAZNAS Kota Bandar Lampung sebesar 32,4%, pada LAZNAS 43,2%, dan terdapat perbedaan hasil uji variabel penelitian terhadap dua Organisasi Pengelola Zakat yakni BAZNAS dan LAZNAS disebabkan berbeda kondisi mustahiq dan tekhnis pemberian zakat produktif yang diberikan.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:34
Last Modified: 14 Jul 2020 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item