PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR

NURUL FARIDA, far (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis lengkap PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of nurul farifda.pdf]
Preview
PDF
Download (627kB) | Preview

Abstract

Model discovery learning menempatkan peserta didik pada lingkungan yang dikondisikan dalam bentuk desain pembelajaran yang eksploratif, dimana peserta didik berperan secara aktif dalam belajar di kelas dengan melakukan eksplorasi bahan pelajaran. Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran fikih yang menumbuhkan kemampuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai ajaran Islam dalam bahan pelajaran secara intens yang kemudian dapat diterapkan dan dilaksanakan secara relevan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi peneliti tentang keberhasilan MAN 1 Lampung Timur dalam membawa peserta didiknya meraih berbagai prestasi baik bidang akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran PAI berbasis discovery learning, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran PAI berbasis discovery learning, (3) Mendskripsikan Evaluasi model pembelajaran PAI berbasis discovery learning, (4) Mengetahui Dampak model pembelajaran PAI berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Adapun data dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Untu Analisis data peneliti lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan consclucing drawing/verificaton. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis discovery learning diwujudkan dalam bentuk Silabus beserta pengembangan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan model discovery learning (Stimulation, problem statement, data collection, data processing, generalisation) dan tambahan kolaborasi oleh guru, (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis discovery learning menggunakan autentic asessment yang dapat dilaksanakan dengan cara tes non tes, dan (4) dampak pembelajaran PAI berbasis discovery learning di MAN 1 Lampung Timur selain meningkatkan perilaku keaktifan siswa dalam mengaktualisasikan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:11
Last Modified: 10 Jul 2020 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item