KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di MTs ASSYIFA KARANG SARI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

WIDYA RAHMA ARMAINI, RAH (2020) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di MTs ASSYIFA KARANG SARI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Widya Rahma Armaini PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Widya Rahma Armaini PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (23MB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian terkait dengan moral guru yang tercermin dalam sikap dan perilakunya. Landasan utama moral seorang guru hingga ia dapat bersikap dan berperilaku yang terpuji Dengan landasan keimanan dan ketakwaan yang kuat seorang guru dapat mengenali dan menguasai dirinya sehingga dia tidak akan bersikap angkuh, sombong dan tidak berperilaku yang tidak sesuai dengan perannya sebagai sosok pendidik. Jadi memiliki karakteristik kepribadian sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Guru akan tampil sebagai sosok yang patut “digugu” (ditaati nasehat, ucapan, perintahnya) dan “ditiru” (dicontoh sikap dan perilakunya). Kompetensi kepribadian dari seorang guru Pendidikan Agama Islam merupakan modal dasar bagi guru tersebut dalam menjalankan tugas keguruannya secara profesional. Kegiatan pendidikan pada dasarnya merupakan pengkhususan komunikasi personal antara guru dan peserta didik. Kompetensi kepribadian menunjuk perlunya struktur kepribadian dewasa yang mantap, arif, stabil, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai hidup yang dihayati dalam kehidupan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI di MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subyek penelitian dan observasi pada saat kegiatan pembelajaran PAI berlangsung, kemudian disajikan bersifat deduktif induktif. Selanjutnya, dianalisis dengan model analisis interaktif. Dalam model ini ada tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasinya, yang dilakukan secara interaktif dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Kompetensi kepribadian guru PAI di MTs Assyifa Karang Sari meliputi, memiliki kepribadian yang mantap dan stabil yang indikatornya bertindak sesuai norma hukum, norma sosial, memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma, memiliki kepribadian yang dewasa, menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik yang memiliki etos kerja, memiliki kepribadian yang arif, yang ditunjukan dengan tindakan yang bermanfaat serta memajukan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak, memiliki kepribadian yang berwibawa, memiliki perilaku yang disegani, memiliki akhlak mulia, menjadi teladan dengan menampilkan yang sesuai dengan norma religius dan memiliki perilaku yang diteladani siswa. Kata-Kata Kunci : Kompetensi kepribadian, guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:33
Last Modified: 08 Jul 2020 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item