PENERAPAN METODE SOCRATES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK

Sudarsono, REVANI HUSAIN SETIAWAN and Syafril, Syafrimen and Supiyadi, Suherman (2017) PENERAPAN METODE SOCRATES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (66MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberi penerapan metode Socrates dengan metode konvensional, (2) perbedaan kemampuan iterasi matematis antara peserta didik yang memiliki kreativitas belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah, (3) interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar matematika terhadap kemampuan literasi matematis pada pokok bahasan kaidah pencacahan. Jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMK Nurul Islam Lampung Selatan, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas XI TKJ A sebagai kelas kontrol dan XI TKJ B sebagai kelas eksperimen. Data hasil angket dan tes kemampuan literasi matematis dianalisis menggunakan uji analisa varians dua jalur berbantuan software SPSS 17.0. Bedasarkan analisis data ditenukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberi perlakuan metode konvansional dan metode Socrates. Kemampuan literasi matematis peserta didik dengan perlakuan metode Socrates lebih baik dibandingngkan dengan peserta didik dengan perlakuan metode konvensional. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan literasi matematis peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi lebih bai dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kreativitas sedang dan rendah serta kreativitas belajar sedang lebih baik dibandingkan kreativitas belajar rendah. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar matematika terhadap kemampuan literasi matematis. Kata kunci : Konvensional; Kreativitas; Literasi; Socrates.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafrimen Syafril
Date Deposited: 18 Aug 2017 08:37
Last Modified: 18 Aug 2017 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item