UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PEMANFAATAN TANAMAN APOTEK HIDUP KELOMPOK B3 TK DHARMA WANITA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Widiati, W (2017) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PEMANFAATAN TANAMAN APOTEK HIDUP KELOMPOK B3 TK DHARMA WANITA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Widiati.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pembelajaran sains pada anak, termasuk bidang pengembanganlainnya memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu perkembangan kognitifpada anak usia dini. Kesadaran pentingnya pembekalan sains pada anak akan semakintinggi apabila menyadari bahwa kita hidup pada dunia yang dinamis, berkembang danberubah secara terus menerus bahkan makin menuju masa dewasa, semakin kompleksruang lingkupnya, dan tentunya akan semakin memerlukan sains. Apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umumnya diketahui bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik.Dalam kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung metode yang dilakukan pada kegiatan pengembangan sains anak melalui pemanfaatan tanaman apotek hidup hasil yang dicapai belum maksimal. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah Pemanfaatan Tanaman Apotek Hidup dapat mengembangkan Kemampuan Sains anak pada kelompok B3 di TK Dharma Wanita Bandar Lampung?”. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan tanaman apotek hidup dapat mengembangkan kemampuan sains anak pada kelompok B3 di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, model yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan difokuskan pada kegiatan pengembangan kemampuan sains (apotek hidup) anak pada kelompok B3 di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung dengan jumlah anak didik 30 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis, dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa pemanfaatan apotek hidup dapat mengembangkan kemampuan sains anak pada kelompok B3 di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sains, anak didik yang mampu menyebutkan nama-nama tanaman apotek hidup dengan baik/BSB pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 30%, pada pertemuan ke-2 mencapai 50%, kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mencapai 67%, selanjutnya pada pertemuan ke-2 mencapai 83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:44
Last Modified: 18 Aug 2017 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item