Pendidikan Aqidah Anak dalam perspektif al Qur'an surat al Baqarah 133

Fatkhurohman, Fatkhurohman (2017) Pendidikan Aqidah Anak dalam perspektif al Qur'an surat al Baqarah 133. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
PDF
Download (291kB) | Preview
[thumbnail of abstark.pdf]
Preview
PDF
Download (315kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
PDF
Download (198kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (924kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (252kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (370kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas pendidikan aqidah terhadap anak dalam perspektif al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 133. Kajiannya di latar belakangi oleh masih kurangnya pendidik dalam memperhatikan aqidah peserta didiknya. Anak adalah anugerah dan amanah dari Allah Swt yang harus di pertanggung-jawabkan oleh setiap orang tua dalam berbagai aspek kehidupannya. Orangtua bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu pendidikan keimanan kepada Allah Swt. Fenomena yang ada menunjukkan masih banyak orangtua yang tidak bertanggung jawab terhadap anak-anaknya. Masih banyak anak-anak yang tidak memperoleh haknya dari orangtua mereka, seperti; hak mendapatkan perawatan dengan penuh kasih sayang, hak memperoleh pendidikan yang baik dan benar, hak menerima nafkah yang halal dan baik, dan sebagainya. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah konsep pendidikan aqidah terhadap anak (2) Bagaimanakah konsep pendidikan aqidah dalam perspektif al-Qur’an surat al Baqarah ayat 133. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahan yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan. Dalam hal ini ada tiga sumber, yaitu; sumber primer, sumber skunder, dan sumber tersier. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang ada di atas, maka digunakan metode Counten Analisis (analisis isi). Metode Conten Analisis adalah suatu metode tafsir yang digunakan untuk mengamalisis data deskriftif atau data tekstuler yang sering ditulis menurut isinya dengan cara mengumpulkan data-data dari buku-buku atau tulisan lainya yang berisi tentang konsep pendidikan akidah menurut surat al baqarah ayat 133, selanjutnya dianalisis untuk mendapat kesimpulan yang baru tentang masalah yang berkenaan dengan konsep pendidikan akidah terhadap anak. Kajian ini menunjukan bahwa di dalam al Quran surat al Baqarah ayat 133 terdapat konsep pendidikan akidah yang harus diberikan kepada anak sejak dini. Karena akidah adalah fondasi dasar. Dengan dasar akidah yang tertanam kuat dalam jiwa anak akan melandasi pengetahuan anak selanjutnya dalam semua aspek kehidupan. Penanaman akidah ini dilaksanakan dengan mengenalkan kalimat tauhid pada saat permulaan penciptaan manusia serta dengan menciptakan suasana religious dalam keluarga. Selain pendidikan akidah, anak juga harus dikenalkan dengan aakhlak mulia, baik akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap sesame, dan akhlak terhadap alam sekitar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan dapat menjaadi bahan informasi dan rujukan bagi para civitas akademik, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa memperkokoh akidahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:01
Last Modified: 18 Aug 2017 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item