PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG

RONI, RON (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of RONI.pdf]
Preview
PDF
Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pembelajaran Pendidikan Agama Islamdalam Membina Karakter Peserta Didik di MIN 1 Bandar Lampung. Sedangkan permasalahannya yaitu, bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di MIN 1 Bandar Lampung. Adapun jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagosis. Selanjutnya, data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan domumentasi. Lalu data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di MIN 1 Bandar Lampung, yaitu melalui: a. Buku pelajaran yang digunakan adalah buku standar PAI sesuai kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013(K-13), b.Materi pelajaran dikembangkan dengan menambah refrensi daribuku atau sumber-sumber lain dengan menyesuaikan kebutuhan siswa, c Pembuatan perangkat pembelajaran mengacu pada hasil MGMP guru PAI MI Bandar Lampung. Kemudian disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, d.Karakteryang dibina adalah religius, toleransi, bersahabat/komunikatif, disiplin, jujur, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. 2).Penyampaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di MIN 1 Bandar Lampung, yaitu melalui:a. Metode pembelajaran ceramah, diskusi, drill, permainan, dan praktik langsung, b.Media pembelajaran media audio,visual,audio visual dan kondisi sekitar, c. Kendala yang dihadapi oleh guru PAI adalah peserta didik berbicara sendiri dan kadang bergurausaatditerangkan,sementarakendalayang dihadapi oleh peserta didikadalahkadangbosandankurangpercaya diri saat presentasi didepan kelas. Dan 3) Evaluasi PembelajaranPendidikanAgamaIslamdalam MembinaKarakterPeserta Didik di MIN 1 Bandar Lampung, yaitu melaui: a. JadwalmatapelajaranPAIditentukanolehsekolahsedangkanjadwal ulangan harian danujianpraktek dibuat olehguruPAI, b.Pembuatan catatan kemajuan belajarditulis dalamrapor, sedangkan untukkeseharian,kepribadian(akhlak) senantiasadiamatigurusaat pembelajaran,c. Pihaksekolahmengharuskanpemakaiancelanapanjangbagilaki-laki danrokpanjang bagiperempuan.Bagiperempuanyang berhijablebih menunjangmerekadalam aspekpenilaian sikappesertadidik, dan d.Pemberian motivasidiberikan di awal atau di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islamdalam pembinaan akhlak peserta didik MIN 1 Bandar Lampung dengan menggunakan induksi dan deduksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:55
Last Modified: 23 Jun 2020 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item