PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

AMINAH, AMI (2020) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Full PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of AWAL AMINAH.pdf]
Preview
PDF
Download (639kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan, didapat data bahwa pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Negeri 2 Bandar Lampung berjalan melalui tahapan pembelajran yang sudah baik, namun aktualisasi Sejarah Kebudayaan Islam terkait Budaya dan Karakter Bangsa dalam kehidupan seharihari para peserta didik masih belum terlihat baik. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa pada Peserta Didik MTs. Negeri 2 Bandar Lampung. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa pada Peserta Didik MTs. Negeri 2 Bandar Lampung? “ Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah seorang Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Kepala Madrasah dan wakilnya serta sejumlah peserta didik MTs. Negeri 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif, dengan langkah-langkah : mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan sub-sub fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berjalan melalui tahapan-tahapan perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembejaran. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan dengan kriteria cukup baik oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam MTs. Negeri 2 Bandar Lampung Namun, berdasarkan hasil analisis data, terungkap temuan-temuan penelitian yang memberikan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini. Dalam kegiatan perencanaan, guru telah melakukan kewajibannya, namun kurang mendapatkan pengawasan yang memadai dari kepala madrasah dan wakilnya, sehingga guru kurang mengembangkan kreativitasnya. Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran dengan rombel yang cukup besar dan strategi pembelajaran yang cenderung masih berpusat pada guru, sehingga proses pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa masih cenderung menekankan aspek pengetahuan (kognitif). Selain itu, untuk menunjang pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa dalam kegiatan pembelajaran juga belum didukung dengan keteladanan yang optimal dari warga madrasah. Sedangkan dari aspek evaluasi, belum diperbanyak aktivitas-aktivitas penilaian autentik. Temuan-temuan tersebut yang diyakini oleh peneliti sebagai kelemahan-kelemahan pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa, khususnya di MTs. Negeri 2 Bandar Lampung belum dapat ditampilkan oleh peserta didik secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:05
Last Modified: 23 Jun 2020 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item