PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN MORAL AGAMA PADA ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK AL-ULYA RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Denita, Liza (2017) PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN MORAL AGAMA PADA ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK AL-ULYA RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Denita.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Moral agama pada pendidikan anak usia dini haruslah tertanam dengan baik dalam setiap insan sejak dini, merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting bagi pendidikan selanjutnya. Namun hal tersebut berbeda di TK Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung di mana rendahnya moral agama yang di miliki anak. Selama ini, metode cerita yang hanya sekali dikenalkan dan metode yang digunakan oleh para guru seperti: bermain peran, bernyanyi, dan tanya jawab juga dapat mengembangkan moral agama anak didik. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “Apakah metode cerita dapat meningkatkan moral agama anak di taman kanak-kanak Al-Ulya rajabasa Bandar Lampung”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan moral agama anak melalui metode cerita.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK),dalam penelitian ini terdapat 2 siklus, 1 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data meliputi: lembar observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan perkembangan moral agama yang bersifat continyu dari setiap siklus di siklus I, Mengenal tuhan melalui agama yang di anutnya ada 3 anak (33,33%), Meniru gerakan beribadah ada 2 anak (22,22%), Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu ada 4 anak (44,44%), Mengenal prilaku baik dan prilaku buruk ada 3 anak (33,33%), Membiasakan diri berprilaku baik ada 3 anak (33,33%), Mengucapkan dan membalas salam ada 4 anak (44,44%) dan pertemuan di siklus II, Mengenal tuhan melalui agama yang di anutnya ada 7 anak (77,77%), Meniru gerakan beribadah ada 7 anak (77,77%), Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan ada 7 anak (77,77%), Mengenal prilaku baik dan prilaku buruk ada 8 anak (88,88%), Membiasakan diri berprilaku baik ada 7 anak (77,77%), Mengucapkan dan membalas salam ada 8 anak (88,88%). Dari dua siklus tersebut peneliti mendapatkan hasil yang sangat signifikan, yaitu meningkatnya moral agama anak pada siklus 1 rata- rata 44,44% dan siklus 2 rata-rata 81,44%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat penulis simpulkan pada siklus II bahwa metode cerita dapat meningkatkan moral agama anak kelas B di taman kanak-kanak Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung dengan hasil sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:39
Last Modified: 15 Aug 2017 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item