PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

HEVI OKTIAWATI, hev (2020) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS HEVI OKTIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of dableg.pdf]
Preview
PDF
Download (167kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia perbankan sayariah decade terakhir ini sangatlah signifikan. Berbagai lembaga keuangan yang notabenenya adalah lembaga keuangan konvensional beralih menjadikan dirinya sebagai syariah. Seiring dengan pesatnya jumlah perbankan syariah yang ada di Indonesia maka semakin banyak pula jumlah penerimaan pajak yang didapat oleh kantor pajak.oleh sebab itu untuk mencapai target pajak, perlu ditumbuhkan terus menerus kesadaran dan kepatuhuan masyarakat wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun disisi lain untuk dapat menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan pajak dalam perbankan syariah maka diperlukan tata kelola perbankan yang sesuai dengan syariah dan kondisi keuangan yang baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini untuk menemukan 3 hal yaitu adakah pengaruh Islamic corporate governance terhadap kepatuhan wajib pajak badan?, adakah pengaruh profitabilitas terhadap kepatuhan wajib pajak badan?, adakah pengaruh Islamic corporate governance dan profitabilitas terhadap kepatuhan wajib pajak badan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan bak syariah yang di upload diwebsite masing-masing. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling sehingga didapat 9 sampel bank umum syariah. Unit analisis dalam penelitian berjumlah 45 laporan tahunan bank umum syariah. Jenis data kuantitatif berupa laporan keuangan (annual report) masing-masing bank dari tahun 2014-2018. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Islamic corporate governance berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan, diindikasikan semakin baik tata kelola perusahaan maka semakin baik kepatuhan wajib pajak badan. Profitabilitas berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan, diindikasikan semakin besar profit yang didapat perusahaan maka semakin patuh perusahaan dalam membayar pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:40
Last Modified: 08 Jun 2020 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item View Item