KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

NIA ZAINIAH, NIA (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis NIA ZAINIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of ABSTRAK ZANIAH.pdf]
Preview
PDF
Download (86kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan serta akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, realita yang terjadi di SMA Negeri 9 Bandar Lampung bahwa adanya guru PAI yang belum memenuhi kompetensi pedagogik dengan baik, di lihat dari kegiatan pembelajaran yang kurang efektif, metode yang digunakan tidak menarik dan membosankan. Penelitian ini berdasarkan beberapa tujuan, yaitu: Untuk mendeskripsikan Kemampuan Guru PAI Melaksanakan Prinsip-Prinsip Pembelajaran, Mengembangan Kurikulum, dan mengembangkan Penilaian Dan Evaluasi di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Kompetensi Pedagogik guru PAI yang kurang baik sehingga proses pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan diperkuat dengan angket, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data atau display data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua guru PAI di SMA Negeri 9 Bandar lampung. Verifikasi data pada penelitian ini penulis membuktikan kebenaran data yang dapat diukur melalui informan yang memahami masalah yang diajukan secara mendalam. Berdasarkan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam perencanaan pada pelaksanaan Prinsip-Prinsip pembelajaran dalam memahami berbagai teori belajar dan pada pelaksanaan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik, menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran secara keseluruhan, masih terdapat kelemahan, dalam hal menyiapkan apersepsi dengan mengaitkan materi dengan materi sebelumnya. Kemudian kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengembangkan kurikulum dalam menyusun RPP secara keseluruhan, masih terdapat kelemahan, hal ini dapat diamati pada kegiatan awal hanya menuliskan apersepsi/motivasi, sehingga perlu perbaikan. Dan kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran dalam menguasai, melaksanakan, serta menganalisis penilaian dan evaluasi masih ada beberapa indicator yang belum terlaksana dengan baik. hal ini dapat diamati pada hasil yang dicapai oleh siswa, hanya setengahnya dapat dijawab, Jadi dapat disimpulkan masih perlu perbaikan. Adanya Kompetensi pedagogik pada guru berjalan dengan lebih baik lagi sehingga menghasilkan lulusan (out put) yang mampu berdaya saing atau memiliki kemampuan kompetetif dalam percaturan global.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:59
Last Modified: 05 Jun 2020 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item