INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SMA MUHAMADIYAH 2

HANIF GHIFARI, han (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SMA MUHAMADIYAH 2. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 2.pdf]
Preview
PDF
Download (878kB) | Preview
[thumbnail of TEHSIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi nilai nilai religius dalam proses kegiatan ektrakurikuler di sekolah sampai saat ini masih menjadi cara untuk meningkatkan nilai nilai religius terhadap siswa, karena dipandang mampu membentuk karakter religius dan sosial. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Hizbul Whatan Di SMA Muhamadiyah 2 Metro, penelitian ini berdasarkan beberapa tujuan, yaitu (1) Untuk Mendeskripsikan internalisasi nilai nilai religius dalam perencanaan ektrakurikuler Hizbul Whatan di SMA Muhamadiyah 2 Metro (2) Untuk Mendeskripsikan internalisasi nilai nilai religius dalam pelaksanaan ektrakurikuler Hizbul Whatan di SMA Muhamadiyah 2 Metro (3) Untuk Mendeskripsikan internalisasi nilai nilai religius dalam evaluasi ektrakurikuler Hizbul Whatan di SMA Muhamadiyah 2 Metro Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di SMA Muhamadiyah 2 Metro. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan Kredibilitas, Transferbilitas, Dependebilitas, dan Konfirmabilitas. Hasil penelitiannya: pertama Internalisasi nilai nilai religius dalam perencanaan ektrakulikuler Hizbul Wathan di SMA Muhamadiyah 2 Metro di tanamkan kedalam, materi dan kegiatan pembelajaran yang sangat mempengaruhi prestasi dalam menanamkan nilai religius. Kedua, Internalisasi nilai nilai religius dalam pelaksanaan ektrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhamadiyah 2 Metro di tanamkan ke dalam kegiatan pembukaan yang memuat nilai religius. Kegiatan materi yang memuat nilai religius, Dan kegiatan penutup memuat nilai religius. pembina dalam pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pembina sudah maksimal dalam menanamkan nilai nilai religius. ketiga, Internalisasi nilai nilai riligius dalam evaluasi ektrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhamadiyah 2 Metro di tanamkan ke Aspek evaluasi yang digunakan pembina dan pengampu pada saat proses internalisasi kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam nilai nilai religius siswa terbagi dalam 4 aspek meliputi absensi, materi, praktek, dan sikap. Dari uraian kesimpulan yang peneliti paparkan diatas, maka peneliti menemukan ketertarikan pembina dalam menginternalisasikan nilai nilai riligius terhadap siswa sehingga siswa memiliki banyak prestasi dan ahlak yang baik terhadap guru dan pembina.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:33
Last Modified: 05 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item