PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT BAITUL JANNAH KEMILING BANDAR LAMPUN T.P 2019-2020

Arina Zati Arifah, ari (2020) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT BAITUL JANNAH KEMILING BANDAR LAMPUN T.P 2019-2020. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Arina ZA. Bagian Depan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB 1-V & Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an adalah suatu proses atau kegiatan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan cara pengulangan bacaan-bacaan baik dengan mendengarkan maupun melihat tulisan Al-Qur’an, sehingga bacaan tersebut dapat melekat pada ingatan dan dapat diulang kembali tanpa melihat mushaf atau melihat Al-Qur’an. Bila kita lihat bagaimana terjadinya proses belajar-mengajar, kita akan menjumpai komponen pendukung dalam proses belajar-mengajar tersebut. Hasil prasurve yang peneliti lakukan di SDIT Baitul Jannah dengan mewawancarai salah satu guru Tahfidz Al-Qur’an dan berdasarkan observasi yang peneliti lakukan bahwa target hafalan siswa dirasa belum tercapai erget yang diinginkan dan waktu pembelajaran yang dirasa kurang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung dan Apakah komponen dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung dan mendeskripsikan bahwa komponen dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung dilakukan dengan baik, serta menemukan segala kendala-kendala yang terjadi di sana dan memberi masukan untuk terhadap kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, metode analisis data yang digunakan dengan tiga langkah analisis data kualitatif, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an di SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung secara keseluruhan berjalan baik walaupun masih ada sedikit kekurangan dibeberapa sisi dan Komponen-komponen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Peneliti menemukan hal menarik bahwa dalam proses pembelajaran metode yang digunakan oleh guru tidak hanya 1, tetapi dapat menerapkan 4 metode dalam 1 kali pertemuannya. Ada beberapa yang sebaiknya di perbaiki lagi mengenai perlu adanya jam tambahan dan pelaksanaan ujian lisan sebaiknya dilakukan setiap semesternya agar menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Baitul Jannah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 May 2020 01:55
Last Modified: 20 May 2020 01:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item