PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SYARIAH TERHADAP INKLUSI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DI LAMPUNG

BASROWI, BAS (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SYARIAH TERHADAP INKLUSI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DI LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Basrowi_1860102012_NPM.1860102012.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak_Tesis_Basrowi_NPM.1860102012.pdf]
Preview
PDF
Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya inklusi keuangan di Indonesia yang hanya 36%, jauh tertinggal dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Begitu juga, literasi keuangan ekonomi syariah juga masih rendah yaitu hanya mencapai 11,8%. Pemanfataan financial technology di Indonesia juga masih rendah, baru mencapai 38%. Hal ini menunjukkan perlunya dilakukan penelitian tentang pengaruh literasi keuangan dan pemanfaatan financial technology terhadap inklusi keuangan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh literasi keuangan syariah dan financial technology syariah terhadap inklusi keuangan syariah pada mahasiswa Program Studi/Jurusan Ekonomi Syariah di Provinsi Lampung baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa smester V ke atas pada Prodi ekonomi syariah, perbankan syariah. dan akuntansi syariah di seluruh Perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Provinsi Lampung, yang berjumlah 3080 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional randum sampling, sebanyak 10 % dari populasi yaitu sebanyak 308 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan survei, dimana peneliti mendatangi responden yang berada di tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta, untuk mendapatkan sejumlah data dari responden. Dalam proses pengisian instrumen, responden tidak mendapatkan hardcopy instrumen penelitian, karena instrumen dimasukkan ke dalam aplikasi google form, sehingga responden hanya mendapatkan soft file pada alamat google form tersebut. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda. Berdasarakan hasil analisis dapat disimpulkan, pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan syariah terhadap inklusi keuangan syariah dengan sumbangan sebesar 59,4%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara financial technology syariah terhadap inklusi keuangan syariah dengan besar sumbangan 58,7%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi keuangan syariah dan financial technology Syariah secara bersama-sama terhadap inklusi keuangan syariah sebesar 62,3%. Dari dua variabel independen, variabel literasi keuangan syariah memberikan sumbangan yang lebih besar dibandingkan variabel financial technology syariah terhadap inklusi keuangan syariah. Hal ini menunjukkan bahwa model yang paling sesuai adalah model simultan. Artinya ketika hendak meningkatkan inklusi keuangan syariah, maka lebih baik menggunakan variabel literasi keuangan syariah dan financial technology syarian bersama dibandingkan secara parsial. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 May 2020 01:44
Last Modified: 20 May 2020 01:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item