ANALISIS PENGARUH KONFORMITAS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Sidik, Muhammad Abid (2017) ANALISIS PENGARUH KONFORMITAS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_Sidik.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan di zaman modern yang semakin maju dengan kebutuhan manusia yang tiada batasnya. Adanya teknologi menjadi faktor pendukung dalam perkembangan sarana alur pemasaran suatu produk hingga ke tangan konsumen. Perlu adanya faktor yang menekan laju perilaku dalam konsumsi. Perilaku konsumtif adalah suatu kecenderungan manusia yang melakukan konsumsi tiada batas, dimana manusia lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Mahasiswa menjadikan kelompok anutan sebagai usahanya untuk berkonformitas dengan kelompok. Konformitas adalah perilaku menyesuaikan diri dengan kelompok agar dapat diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh konformitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI IAIN Raden Intan Lampung angkatan 2015. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan Lampung angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden yang menjadi sampel ini sebanyak 45 orang. Sumber data diambil data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Konformitas (X1), Kontrol Diri (X2), dan Perilaku Konsumtif (Y). Berdasarkan skala konformitas menunjukan koefisien reliabilitas 0,893, skala kontrol diri menunjukan Koefisien reliabilitas 0,815, dan skala perilaku konsumtif koefisien variabel 0,798. Hasil analisis menunjukan tingkat signifikan X1 berada pada taraf 0,000 (0,000 < 0,05) dengan R2 0,714. Sedangkan X2 berada pada taraf 0,000 (0,000 < 0,05) dengan R2 0,266. Pada Tabel model summary dapat diketahui bahwa nilai R Square = 0,983 atau 98,3%. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya Konformitas dan Kontrol Diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 98,3% sedangkan sisanya tidak dibahas dalam penelitian ini. Sebagai ummat Islam dalam menjalankan roda kehidupan di dunia ini penting sekali untuk mengedepankan kontrol diri dalam melakukan hubungan dengan teman agar tidak terjadi konformitas yang mengarah kepada perilaku konsumtif. Dengan begitu tumbuhlah dikalangan manusia individu yang hemat dan tidak menghamburkan harta yang dimiliki. Kebaikan yang selalu tertanam dalam setiap individu dengan mengatur perilaku konsumsinya masing-masing berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:44
Last Modified: 14 Aug 2017 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item