PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIDANG STUDI FIQIH BERBASIS ANDROID KELAS VIII DI MTs MATHLA’UL ANWAR WAYHALOM TANGGAMU

Shofwan , Aep Puadus (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIDANG STUDI FIQIH BERBASIS ANDROID KELAS VIII DI MTs MATHLA’UL ANWAR WAYHALOM TANGGAMU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIP_LENGKAP_Shofwan.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran, guru kurang memanfaatkan fasilitas disekolah, dan guru juga menggunakan media buku bahan ajar saja tanpa adanya tambahan yang menarik didalamnya sehingga siswa/i kurang tertarik karena bahan ajar buku cetak yang dibuat oleh kemenag hanya sebatas materi saja tanpa ada audio visual seperti video atau permainan yang dapat meningkatkan semangat serta pengetahuan dengan kegiatan yang kurang menyenangkan, dari data hasil pembelajaran Fiqih siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan materi Haji. Kemampuan siswa/i yang tidak faham dengan soal latihan Haji membuat siswa/i bingung. Selain materi yang rumit, media yang digunakan oleh guru juga turut andil dalam realitas tersebut. Hal ini mengakibatkan sebagian siswa/i tidak mencapai KKM yang telah diterapkan yaitu 70. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: Untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Android, Untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis android pada materi haji. 3) untuk mengetahui kemenarikan dan keefektifan bahan ajar berbasis android . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model Sugiyono. Adapun untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujinya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli isi dengan hasil persentase sebesar 93%, validasi ahli desain dengan hasil persentase 96%, validasi ahli media sebesar 92%, penilaian guru mata pelajaran Fiqih dengan hasil persentase 95,7%, dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 95,3%. Dari kelima penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia android dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:22
Last Modified: 14 Aug 2017 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item