MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

DIAN ANGGRAINI WIDYASTUTI, wid (2020) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS LENGKAP.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of dina.pdf]
Preview
PDF
Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG Oleh: DIAN ANGGRAINI W Tesis ini berjudul Manajemen Perpustakaan di SMKN 3 Bandar Lampung, Dalam Penelitian ini yang menjadi pokok permasalahannya adalah bagaimana Manajemen Perpustakaan di SMKN 3 Bandar Lampung dengan subfokus Perencanaan, Pengorganisasian,Penggerakan dan Pengawasan perpustakaan serta bagaimana strategi pustakawan dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahapan perencanaan perpustakaan SMKN 3 Bandar Lampung,dimulai dengan penetapan tujuan lalu disertai dengan visi dan misi, pembuatan program kerja, pembuatan anggaran, dan pedoman kerja dalam menjalankan atau menyelesaikan pekerjaan. Pada tahapan pengorganisasian perpustakaan SMKN 3 Bandar Lampung,terdapat pembentukan struktur organisasi. Pembentukan ini disusun sesuai dengan kebutuhan dan personil atau tenaga yang ada, adapun struktur organisasinya berdasarkan pada peraturan yang ada. Selanjutnya dilakukan prinsip-prinsip organisasi yaitu pembagian kerja, pembagian wewenang, namun masih ada beberapa yang belum terlaksana yaitu terjadinya kesenjangan dan rancunya pembagian kerja,antar pustakawan, hal ini dikarenakan jumlah pustakawan yang kurang memadai. Dalam tahapan pengerakan adanya permasalahan tentang kualifikasi persyaratan kepala perpustakaan yang bukan lulusan minimal D2 perpustakaan atau kearsipan. Namun itu semua tidak menjadi masalah dikarnakan kepala perpustakaan memiliki sertifikat yang dapat menunjang sebagai kepala perpustakaan. Syarat kepemimpinan menurut Sutarno NS pemimpin harus peka lingkungan , menjadi teladan, setia dan mampu mengambil keputusan serta mampu mengerakkan dan memberi semangat namun hal ini masih dirasa kurang dan perlu ditingkatkan lagi. Dan dari tahapan pengawasan perpustakaan dengan pembentukan struktur organisasi setiap unit yang ada diperpustakaan SMKN 3 Bandar Lampung,diadakan indikator untuk mengukur pengawasan perpustakaan. Bentuk pengawasan yang di lakukan oleh kepala perpustakaan berupa kunjungan yang tidak menentu ke perpustakaan sekolah, kemudian menanyakan mengenai hal yang dibutuhkan oleh perpustakaan dan perkembangan perpustakaan. Kepala perpustakaan tidak memiliki pedoman tertentu yang di jadikan landasan dalam melakukan pengawasan. Bahkan laporan tertulis baik harian maupun bulanan tidak terlalu mendapat perhatian khusus baik dari kepala perpustakaan maupun dari kepala sekolah. Perpustakaan SMKN 3 B lampung juga melakukan beberapa strategi untuk menarik minat baca siswa dengan mengadakan lomba membaca, promosi perpustakaan, penataan koleksi, penyediaan sarana prasara yang dibutuhkan pemustaka dan bekerjasama dengan guru pengajar serta memberlakukan jam wajib baca di perpustakaan walaupun hal ini dilaksanakan secara berkala. Kata Kunci: Manajemen, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:13
Last Modified: 04 Mar 2020 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item