PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI

RAHMAWATI, AULIA (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (22MB)

Abstract

Ledakan teknologi di abad ke dua puluh satu berdampak sangat cepat serta memberikan ruang menarik terhadap perkembangan di seluruh sektor kehidupan. Pesatnya perkembangan teknologi ini mendorong manusia menggunakan teknologi untuk dapat berkembang. Hasil perkembangannya, teknologi mampu memberikan peran yang sangat penting baik dalam bidang sosial, ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Berkembangnya teknologi yang pesat ini sangat didukung adanya sebuah revolusi yang dunia sedang hadapi yaitu revolusi industri keempat diberbagai bidang diantaranya bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire menggunakan model Problem Based Learning pada materi alat-alat optik kelas XI dan mengetahui pendapat pendidik dan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire menggunakan model Problem Based Learning pada materi alat-alat optik kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi (pendidik) dan uji coba peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini adalah pendapat para ahli terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire menggunakan model Problem Based Learning pada materi alat-alat optik kelas XI menurut ahli materi dan ahli media sangat setuju dengan hasil masing-masing sebesar 86 % dan 93%. Pendapat pendidik sebesar 87% dan peserta didik pada uji coba produk melalui uji coba skala kecil dan skala luas memperoleh hasil rata-rata yaitu uji skala kecil 83% dan uji coba lapangan 80% dengan kategori sangat setuju dan setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire menggunakan model Problem Based Learning pada materi alat-alat optik kelas XI dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:42
Last Modified: 27 Nov 2018 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item