PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPEKTIF AL-QUR’AN

MUSLIM, mus (2020) PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPEKTIF AL-QUR’AN. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 01. COVER TERBUKA.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 edit.pdf]
Preview
PDF
Download (440kB) | Preview
[thumbnail of BAB II ok edit.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB IV OK edit.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V edit.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (400kB) | Preview

Abstract

Manajemen pendidikan perspektif Al-Qur’an ini menjadikan Al-Qur’an sebagai referensi utama penelitian yang tentu saja sangat berbeda dengan teori barat karena tujuan Manajemen pendidikan perspektif Al-Qur’an ini adalah untuk kebahagiaan dunia dan akherat dan bukan hanya untuk mencari keuntungan sesaat saja, sebagaimana tujuan dari manajemen barat. Berbicara masalah manajemen tentunya tidak bisa lepas dengan empat fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controlling (POAC). Manajemen pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an yang dimaksud disini adalah menemukan konsep Manajemen pendidikan yang mengandung substansi fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controling (POAC) dalam perspektif ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam prinsip-prinsip manajemen, dimulai dan masih banyaknya pengelola pendidikan Islam yang belum secara koferhensif memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang terkait dengan manajemen pendidikan Islam dan pninsip-pninsip manajemen. ini dapat kita lihat dalam hal perencanaan pengembangan Madrasah baik akademik maupun non akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yaitu penelitian yang menitik beratkan pembahasan/penelaahan terhadap buku-buku kepustakaan dan literatur-literatur. Proses yang dilakukan adalah mengelompokkan ayat-ayat dan hadis yang ada hubungannya dengan manajemen pendidikan islam, kemudian ditelusuri secara mendalam terhadap penafsiran ayat-ayat terpilih yang relevan dengan pokok bahasan. Selanjutnya penulis menelusuri teori-teori manajemen pendidikan islam yang relevan dengan masalah, sehingga teori manajemen pendidikan umum dapat dikomparasikan denagan manajemen pendidikan persepektif ayat-ayat Al-Qur’an. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Kontek perencanaan (Planning) Manajemen Pendidikan Islam proses perencanaan terhadap program pendidikan yang akan dilaksanakan khususnya dalam lembaga pendidikan Islam, maka prinsip perencanaan mencerminkan terhadap nilai-nilai Islami yang bersumberkan pada al-Qur'an mencakup prinsip Al-Taqwa / Ketakwaan, prinsip x ibadah, prinsip Al-Kafaâ’ah / Efisiensi, prinsip Al-Jiddu / Kesungguhan, prinsip Al-Tawakkal/ tawakkal dan prinsip Al-Quwwah / Kekuatana. proses pengorganisasian dalam melaksanaan perencanaan pendidikan yang akan dilaksanakan mencerminkan terhadap nilai-nilai Islami yang bersumberkan pada al-Qur'an mencakup Prinsip Al-Tartiîb/ Keteraturan/ Ketertiban, Prinsip Al-Ittifaâq/ Kekompakan, Prinsip Al-Ta’awwun/ tolong menolong, Prinsip Al-Syiîra, Prinsip Al-Ishlah/ saling memperbaiki hubungan, Prinsip Shilah al-Rahim dan Prinsip Khari’tatul Imkaniah/ Memetakan Potensi. Prinsip-prinsip pelaksanaan (actuating) dalam manajemen pendidikan Islam perspeittif Al-Qur'an harus mencerminkan terhadap nilai-nilai Islami yaitu Prinsip Al-Lutfu/ Bersikap Lemah Lembut, Prinsip Al-Zdaka’, Shihhatul Jasad wal ‘Aqli/ Memiliki Intelegensi, Sehat Jasmani dan Rohani, Prinsip Al-Amaânah, Prinsip al-'Adlu/ Bersikap Adil, Prinsip Al-Amru Bil Ma’ruûf / Menegakkan Kebenaran, Prinsip Al-‘Aqdu/ Melakukan Perjanjian Kerja, Prinsip Al-Awfu Bil ‘Uquûd/ Menekankan Untuk Menepati Perjanjian Kerja, tabayyun, Prinsip Al-Taqyiîm/ Mengevaluasi, Prinsip Al-Taqdiyaâh/ Memberi Penilaian, Prinsip Al-Taqdiîr/ Memberi Penghargaan, Prinsip Al-‘Iqaâb/ Memberikan Hukuman, Prinsip Al-Tabsyiîr/ Larangan Membebani, Prinsip Al-Taujiîh/ Intruksi Langsung, Prinsip Al-Ittihaâd/ Mengajak Persatuan, Prinsip Al-Tasywiîq/ Memotivasi. Dalam lembaga pendidikan Islam pengawasan tidak hanya dilakukan oleh pengawas dan pimpinan saja namun dalam pengawasan pendidikan islam persepektif Al-Quran pengawas dilaksanakan Prinsip Al- Muroôqobah Minallah/ Pengawasan Langsung Allah SWT, Prinsip Al- Muroôqobah Minal Malaikah/ Pengawasan Malaikat Pencatat Amal Baik dan Buruk, Prinsip Al-Muroôqobah Minal Muassisiîn/ Pengawasan Keluarga (Lembaga Pendidikan). Penelitian ini memberikan implikasi pada manajemen pendidikan Islam, menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang didasari manajemen pendidikan Islam perspektif Al-Qur’an. Penyusun program pendidikan diharapkan pendidik mempertimbangkan konsep manajemen lembaga pendidikan yang Islami atau pengelolaan pendidikan Islam berperspektif Al-Qur’an

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:24
Last Modified: 12 Feb 2020 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item