PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI BERMUATAN SAINS KEISLAMAN DENGAN OUTPUT INSTAGRAM PADA MATERI HUKUM NEWTON

Mushlihah, Kunni (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI BERMUATAN SAINS KEISLAMAN DENGAN OUTPUT INSTAGRAM PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_KUNNI.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian inidilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang belum dimanfaatkan secara maksimal bagi dunia pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran.Rendahnya ketertarikan peserta didik dalam mempelajari fisika menggunakan buku cetak dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton, (2) Mengetahuikelayakanmedia pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton dan (3) Mengetahuiresponkemenarikanmedia pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Langkah yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Instrumen non tes yang digunakan berupa angket mengggunakan skala Likert untukmengetahuikelayakan dan respon kemenarikan produk. Analisis data instrumen non tes pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian:(1)Menghasilkanmedia pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton, (2) Kelayakan media pembelajaran berbasis multirepresentasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton menurut para ahli yaitu sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat persentase skor ratarata 89%, ahli media mendapat persentase skor rata-rata 93%, dan ahli agama mendapat persentase skor rata-rata 98%, (3) Respon guru dan peserta didik terhadap kemenarikan media pembelajaran berbasis multirepresentasi bermuatan sains keIslaman dengan output instagram pada materi Hukum Newton sangat menarik. Hasil uji telaah pakar diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 86%, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 88% dan hasil uji coba kelompok luas diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 89%. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multi Representasi, Instagram, Hukum Newton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:33
Last Modified: 07 Aug 2017 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item