EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X MA NURUL ISLAM GUNUNG SARI ULUBELU TANGGAMUS

Saputro, Trimo (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X MA NURUL ISLAM GUNUNG SARI ULUBELU TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimen. Dengan menggunakan metode pembelajaran quantum leaning. Populasi pada penelitian berjumlah 82 peserta didik kelas X MA Nurul Islam Gunungsari. Dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling porposive.Untuk mengukur dan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 8 dan lembar observasi. Uji independent sample t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan menggunakan metode quantum learning yang digunakan dalam kelas perlakuan dan pembelajaran langsung yang digunakan dalam kelas kontrol. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan metode quantum learning dengan pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig sebesar 0,02 yang berarti nilai sig < 0,05 yang artinya rata-rata posttest kelas eksperimen tidak sama dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol.Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan metode quantum learning lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keefektifan metode quantum learning dapat diketahui dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,2 termasuk dalam kategori sedang. Artinya metode quantum learning terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran fisika peserta didik kelas X. Berdasarkan analisis data maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa, Metode pembelajaran Quantum Learning lebih efektif di bandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal tersebut di buktikan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar dan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang menggunakan metode quantum learning dengan bembelajaran langsung Kata Kunci:Metode Quantum Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:24
Last Modified: 14 Jul 2017 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item