Supervisi Pengawas Dan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI DI MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus

Agustina, Eti (2017) Supervisi Pengawas Dan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI DI MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
HTML
Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kualitas guru masih sangat membutuhkan perhatian, karena kualitas guru sangat mempengaruhi kinerja profesional mereka yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap kualitas pendidikan. Selanjutnya bahwa hal yang mempengaruhi kinerja guru antara lain adalah supervisi pengawas madrasah dan kepala madrasah. Melalui pengawasan yang dilakukan tersebut diharapkan kinerja guru akan lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan kegiatan supervisi yang dilakukan Pengawas dan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Tanggamus? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi yang dilakukan Pengawas dan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, dan Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI. Instrumen yang dipakai untuk menggali data bersumber dari (1) observasi atau pengamatan, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Kesimpulan yang dihasilkan dari tesis ini adalah bahwa supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas dan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru mampu memberikan kontribusi lebih dalam memaksimalkan kegiatan kesupervisian. Kepala madrasah secara terbuka dapat bekerjasama dengan pengawas sehingga lebih mampu melaksanakan perannya dalam menggerakkan, mengkoordinasikan, dan memberikan pengaruh positif terhadap guru mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga pada tahap lanjut dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:17
Last Modified: 20 Jun 2017 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item