PENGEMBANGAN PENDETEKSI DINI BAHAYA BANJIR SEBAGAI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK

Widiyanto, Retno (2017) PENGEMBANGAN PENDETEKSI DINI BAHAYA BANJIR SEBAGAI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pengembangan alat peraga pendeteksi banjir ini adalah masih kurangnya penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran guru. Selain itu kurangnya inovasi dan kreatifitas guru menjadikan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Kegiatan seperti ini jika dilakukan berulang-ulang dapat menimbulkan kejenuhan peserta didik. Berdasarkan hal di atas, peneliti mengambil judul “Pengembangan Pendeteksi Dini Bahaya Banjir Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Fisika Pada Materi Listrik Dinamis”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pendeteksi banjir dan mengetahui kelayakan alat peraga pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dilakukan di tiga sekolah. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 10 langkah utama yaitu : yang meliputi 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji pelaksanaan lapangan, 9) Penyempurnaan produk akhir, 10) Dimensi dan implementasi. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Permenarikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data setelah produk divalidasi oleh validator, produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata dari ahli media sebesar 91%, ahli materi sebesar 96,03%, hasil kemenarikan peserta didik sebesar 88,42% untuk uji coba kelompok kecil dan 84,7% untuk uji coba lapangan, dan tanggapan guru sebesar 87,92%. Alat peraga sudah layak digunakan sebagai alat peraga pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:37
Last Modified: 09 Jun 2017 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item