BUDAYA KERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN WAY KANAN

SUWANTO, suw (2019) BUDAYA KERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN WAY KANAN. PhD thesis, Pascasarjana Doctor.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (78kB) | Preview

Abstract

Budaya kerja adalah seperangkat pola perilaku yang melekat pada setiap individu dalam suatu organisasi. Membangun budaya berarti juga meningkatkan dan mempertahankan sisi positif, dan mencoba membiasakan pola perilaku tertentu untuk menciptakan bentuk baru yang lebih baik. Penelitian ini akan melihat bagaimana integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Way Kanan, sejauhmana pelaksanaan budaya kerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Way Kanan dan dampak implementasi budaya kerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Way Kanan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memerlukan data primer dan sekunder tentang budaya kerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Way Kanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer yaitu observasi, wawancara dan didukung dengan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa kelima nilai budaya tersebut dilaksanakan dengan baik dan Pelaksanaan nilai-nilai budaya ini memiliki dampak positif, baik pada internal (termasuk pendidik dan tenaga pendidikan) dan dampak eksternal termasuk masyarakat. Itu terbukti dengan meningkatnya kinerja para pendidik dan layanan masyarakat. Tantangan yang menghambat pelaksanaan lima nilai budaya kerja disebabkan oleh; a) kurangnya komunikasi b) terbatasnya sumber daya manusia di bidang teknologi c) rendahnya pemahaman aparatur sipil negara terhadap aturan yang berlaku. Solusi dari masalah ini adalah a. meningkatkan profesionalisme komunikasi pelayanan sipil negara, b. menyelenggarakan pelatihan teknologi dan informatika bagi para pendidik, c. penyebarluasan aturan dan peraturan yang berlaku untuk aparatur sipil dari kementerian agama; dan d. memberikan standar penghargaan dan hukuman yang tepat. Budaya kerja yang paling dominan yang harus dimiliki oleh guru Madrasah Tsanawiyah di Lampung adalah aspek profesionalisme dan menjadi model baris, karena orang yang dimaksudkan untuk menjadi guru harus dapat memprioritaskan aspek profesionalisme dan dapat menjadi model baris untuk siswa dan komunitas. Selain itu, pembentukan karakter siswa juga dipengaruhi oleh karakter dan ketauladanan guru sebagai pendidik Kata kunci; Budaya Kerja, guru, dan Madrasah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 21 May 2019 01:56
Last Modified: 21 May 2019 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item