PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE RTE ( ROTATING TRIO EXCHANGE ) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF IPA TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 3 CUKUH BALAK KAB. TANGGAMUS PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANYA

Ana , Iffatunnisa (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE RTE ( ROTATING TRIO EXCHANGE ) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF IPA TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 3 CUKUH BALAK KAB. TANGGAMUS PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh. Model Kooperatif Learning Tipe Rte ( Rotating Trio Exchange ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Peserta Didik pada Materi Wujud Zat Dan Perubahanya. Metode yang digunakan adalah dengan true experimen desain dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Cukuh Balak Kab. Tanggamus , dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe RTE , dan kelas kontrol menggunakan pembelajarn konvensional. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t Berdasarkan tabel Independent-Sample T Test dengan T hitung 5,381 > Ttabel 1,97, maka H0 ditolak. Dengan kata lain, Terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif learning tipe RTE. kemudian dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan Effect size maka hasilnya adalah 1,40. Berdasarkan tabel kriteria besar kecilnya Effect size diketahui bahwa 1,40 di katagorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif Learning Tipe Rte ( Rotating Trio Exchange ) lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 15 May 2017 07:32
Last Modified: 15 May 2017 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item