PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK MADRASAH ALIYAH SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

Sri, Latifah PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK MADRASAH ALIYAH SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. TADRIS. (Submitted)

[img] HTML
Download (19kB)

Abstract

Abstract The use of electromagnetic induction props is designed to create active students in the learning process so as to improve critical thinking skills. The ability to think critically is a reasonable and reflective thought that focuses on deciding what to do. This study aims to determine the effectiveness of the use of teaching aids towards students' critical thinking skills. The type of research that has been carried out in this research is Quasy Experiment with Non Equivalent Control Group Design. The population in this study is class XII MA Mathla'u Anwar Gisting. The sampling technique uses Purposive Sampling. With class XII IPA 1 as the experimental class and class XII IPA 2 as the control class. To measure students' critical thinking skills, tests were conducted with 10 questions on essays and knowing how to use electromagnetic induction can be done by observation. Furthermore, the data was tested using normality, homogeneity, and T test. The results of statistical tests showed a significant level of <0.05 which means that H0 is rejected and H1 is accepted. The results showed that there was an effectiveness of the use of teaching aids towards students critical thinking skills on electromagnetic induction material Abstrak Penggunaan alat peraga induksi elektromagnetik dirancang untuk menciptakan peserta didik yang aktif didalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan sebuah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XII MA Mathla’u Anwar Gisting. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal esay berjumlah 10 soal serta mengetahui keterlaksanaan dalam penggunaan alat peraga induksi elektromagnetik dapat dilakukan dengan observasi. Selanjutnya data di uji dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil uji statistik menunjukkan taraf signifikan < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektivitasan penggunaan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi induksi elektromagnetik. Kata kunci: Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Induksi Elektromagnetik

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: ADMIN LP2M
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:04
Last Modified: 11 Apr 2019 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item