PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT

Wijaya, Tri Putra Octa (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Fisika peserta didik di Kelas X SMA Negeri 1 Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Dengan hipotesis penelitian, yaitu terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngambur Kabupaten Pesisir Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design. Desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X dengan jumlah 152 peserta didik, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:21
Last Modified: 13 Apr 2017 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item