Pranata, Debi
(2018)
PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID DENGAN PENDEKATAN
SCIENTIFIC BERNUANSA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Perkembangan TIK yang semakin pesat harus diimbangi dengan inovasi dalam
bidang pendidikan. Salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran
berbasis android dengan pendekatan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian
dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile
apps berbasis android dengan pendekatan scientific bernuansa Islam untuk
memfasilitasi pemahaman konsep matematis yang layak, menarik, dan efektif.
Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (RnD) dengan metode pengembangan SDLC (System Development Life
Cycle) model waterfall yang meliputi empat tahapan yakni analisys (analisis), design
(desain), coding (pengkodean), dan testing (pengujian).
Media yang dikembangkan telah dilakukan pengujian alpha (ahli) dan beta
(siswa). Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,67% (sangat
layak) dengan rincian penilaian pada kategori ke scientifican rata-rata sebesar 83,3%
(sangat layak) dan penilaian pada kategori pemahaman konsep rata-rata sebesar
92,9% (sangat layak). Hasil penilaian ahli media menyatakan bahwa media yang
dikembangkan sangat layak dengan persentase sebesar 83%. Dan hasil penilaian
media oleh ahli agama menyatakan layak dengan persentase sebesar 77%. Hasil uji
coba beta pertama oleh 6 orang siswa tentang kemenarikan media memperoleh
persentase sebesar 75% yang berarti menarik. Pengujian beta kedua dilakukan oleh
30 siswa dengan hasil persentase sebesar 76% yang berarti menarik. Rata-rata skor
pre test dan post test berturut-turut sebesar 51,89 dan 80,67. Tingkat efektivitas
dengan perhitungan menggunakan rumus n-gain sebesar 0,55 termasuk dalam
kategori sedang.
Actions (login required)
 |
View Item |