Gustari, Riska
(2018)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE TIPE TIMES GAMES
TOURNAMENT BERBANTUAN LKPD PADA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI Darul Huda Bandar Lampng,
menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Pendidik tidak menggunakan
metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik
terhadap pembelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang
sulit. Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses
pembelajaran di kelas, kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu
pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Berdasarkan hal diatas,
peneliti mengambil judul “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Learning
Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Berbantuan Lkpd Pada Pembelajaran
Matematika”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektivan
model pembelajaran cooperative learning tipe TGT berbantuan LKPD di kelas V
MI Darul Huda Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
jenis Quasy Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik
kelas V MI Darul Huda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai
kelas eksperimen dengan model pembelajaran Times Games Tournament, kelas
VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Numbered Heads
Together. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors
dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu
menggunakan uji–tindependent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari
data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung = 5,045
dan t(0,025;34) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;50) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil
tersebut bahwa terdapat keefektivan hasil belajar antara peserta didik yang diajar
dengan menggunakan Model Times Games Tournament dibanding dengan model
Numbered Heads Together di kelas V MI Darul Huda, peserta didik dengan
perlakuan pembelajaran menggunakan Model Times Games Tournament,
memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan
perlakuan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads together. Dengan
menggunakan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,722 sehingga tingkat
keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat
tinggi.
Actions (login required)
 |
View Item |