PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI

FIANI, ESTRI (2018) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Melakukan pengembangan modul interaktif dengan menggunakan program Learning Content Development System (LCDS) pada materi optika geometri (2) Mengetahui penilaian validator terhadap modul interaktif dengan menggunakan program LCDS materi optika geometri (3) Mengetahui pendapat peserta didik terhadap modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi model pengembangan dari Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kualitas kelayakan modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri dan angket respon penilaian guru serta peserta didik untuk menguji kemenarikan modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan di interpretasikan dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah; (1) modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri yang telah dikembangkan dan dapat digunakan pada jenjang SMA/MA sebagai media pembelajaran (2) modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata dari penilaian ahli materi, 82% dan ahli media, 83% dalam kategori sangat baik (3) Penilaian produk modul interaktif dengan menggunakan program LCDS pada materi optika geometri dengan persentase untuk uji telaah pakar 84% dengan kategori sangat baik, untuk uji coba kelompok kecil 82% dan untuk uji coba lapangan 86% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran berupa modul interaktif dengan menggunakan program LCDS sudah sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 30 Nov 2018 08:06
Last Modified: 30 Nov 2018 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item