PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA MATERI TEKANAN SMP KELAS VIII

ISNAWATI, I (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA MATERI TEKANAN SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ISNAWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk multimedia pembelajaran fisika menggunakan swishmax, mengetahui kelayakan produk serta respon peserta didik. Penelitian dilakukan ditiga sekolah yaitu SMP Amal Bakti Jatiagung, SMP Al-Huda Jatiagung, dan SMP Negeri 3 Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE dari Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari hasil angket respon pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli media, ahli materi, serta ahli bahasa. Hasil penilaian multimedia swishmax berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan penilaian presentase rata-rata 80% dalam kategori layak, penilaian ahli materi mendapatkan presentase rata-rata 85,50% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli bahasa mendapatkan presentase rata-rata 80% dalam kategori layak. Penilaian pendidik dari tiga sekolah mendapatkan presentase rata-rata 78,14% dalam kategori menarik. Penilaian peserta didik dari tiga sekolah mendapatkan presentase rata-rata 81,05% dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, pendidik dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran fisika menggunakan swishmax pada materi tekanan di SMP kelas VIII menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:21
Last Modified: 26 Nov 2018 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item