PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB ENHANCED COURSE DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENGUKURAN SMA KELAS X

Shabrina, Annisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB ENHANCED COURSE DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENGUKURAN SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course dengan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran SMA kelas X; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikan media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course dengan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model dari Borg & Gall yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XSMA YP UNILA Bandar Lampung, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dan SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket respon pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli informatika. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran fisika berbasis website pada materi pengukuran; kualitas media pembelajaran fisika berbasis website pada materi pengukuran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan penilaian persentase rata-rata 87,45% dalam kategori layak, penilaian ahli media mendapatkan penilaian persentase rata-rata 83,61% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli informatika mendapatkan penilaian persentase rata-rata 77,29% dalam kategori layak, penilaian guru SMA mendapatkan penilaian persentase rata-rata sebesar 87,77% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik ketiga sekolah tersebut memperoleh nilai presentase rata-rata sebesar 82,43% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, ahli informatika, dan pendidik maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis website layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:48
Last Modified: 16 Nov 2018 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item