Aini, Dora
(2018)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR
KRITIS PESETA DIDIK SMP.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik
kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 34 Bandar Lampung.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design,
pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling
dengan melibatkan 2 kelompok belajar peserta didik yang berjumlah 28 peserta didik
untuk kelas Eksperimen dan 26 peserta didik untuk kelas Kontrol. Instrument dalam
penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa soal
essay yaitu pretest dan posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sample ttest
dari hasil Posttest kelas eksperimen sebesar 78,82 dan kelas kontrol sebesar 74,07
memperoleh thitung > ttabel (2,213 > 2,007). Kemudian keefektifan medel Problem
Based Learning (PBL) diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai sebesar
0,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, kemampuan Berpikir Kritis.
Actions (login required)
 |
View Item |