EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESETA DIDIK SMP

Aini, Dora (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESETA DIDIK SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DORA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan melibatkan 2 kelompok belajar peserta didik yang berjumlah 28 peserta didik untuk kelas Eksperimen dan 26 peserta didik untuk kelas Kontrol. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa soal essay yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sample ttest dari hasil Posttest kelas eksperimen sebesar 78,82 dan kelas kontrol sebesar 74,07 memperoleh thitung > ttabel (2,213 > 2,007). Kemudian keefektifan medel Problem Based Learning (PBL) diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai sebesar 0,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:12
Last Modified: 14 Nov 2018 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item