PENGEMBANGAN ALAT PERAGA “CIRCULATORY DRIP CHAMBER” UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP/MTs

SUSIATI, S (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA “CIRCULATORY DRIP CHAMBER” UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah dikarenakan media yang digunakan masih kurang mendukung. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru biologi hanya menggunakan media yang sederhana yaitu berupa gambar , namun belum ada suatu alat peraga yang mampu menjelaskan dan memvisualisasikan tentang konsep peredaran darah manusia. Materi sistem peredaran darah manusia adalah materi yang kompleks menyebabkan peserta didik sulit untuk memahami karena sistem tersebut tidak dapat diamati secara langsung.Sehingga diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan proses peredaran darah pada manusia .Salah satu solusi untuk mengatasi media tersebut adalah alat peraga circulatory drip chamber. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan berupa soal kemampuan pemecahan masalah serta angket respon guru dan siswa. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari setiap validator serta guru dan siswa. Kualitas alat peraga dilakukan validasi kedosen ahli, yaitu dengan validasi materi oleh dosen biologi, validasi media oleh dosen fisika. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh hasil rata-rata 87%, dan ahli media diperoleh hasil rata-rata 82,67%. Setelah dilakukan validasi produk kedosen ahli kemudian produk diuji cobakan kerespon guru biologi dan peserta didik. Diperoleh respon guru biologi dengan persentase rata-rata 95,20 %, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap alat peraga yang dikembangkan dilakukan uji coba kepeserta didik yaitu hasil uji coba skala kecil menunjukkan presentase rata-rata 87%, dan hasil uji skala besar menunjukkan presentase rata-rata 88% dinyatakan dalam kriteria sangat baik, dengan demikian alat peraga yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan. Hasil analisis nilai ketercapaian untuk indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu: pada indikator identifikasi masalah diperoleh 90%, indikator merumuskan masalah 81,90%, indikator membuat alternatif solusi 80,00%, indikator memilih solusi diperoleh 77,14 %. Alat peraga dinyatakan efektif berdasarkan hasil pencapaian pada masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah yang meningkat karena lebih dari 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:49
Last Modified: 06 Nov 2018 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item