PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS PADA PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA

Kurniawati, Indah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS PADA PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukanya perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran, semakin baik perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru maka, semakin baik proses pembelajaran berlangsung, dalam pembelajaran sains, peserta didik dituntut untuk mempunyai sikap ilmiah dan peserta didik dapat berpikir kritis. Oleh karena itu, perlunya mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat menjadikan peserta didik berpikir kritis dan mempunyai sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran berpikir kritis pada pendekatan saintifik untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall, sampai langkah ketujuh. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA dengan melibatkan 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kualitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, dan divalidasi oleh beberapa validator diperoleh hasil sangat layak dari ahli pembelajaran, ahli media dan ahli materi dan ahli soal, sedangkan untuk respon dari guru dinyatakan layak digunakan, dan dari respon peserta didik dinyatakan sangat layak. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, berpikir kritis, pendekatan saintifik, sikap ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:18
Last Modified: 29 Oct 2018 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item View Item