Andika, Yudi
(2018)
ANALISIS STRATEGI PROMOSI KOPI LUWAK DALAM
MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MENURUT
PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
( Study Pada CV Kopi Luwak Original Mr Zian Kabupaten Lampung Barat).
Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan suatu
perusahaan. Tujuan promosi ialah memberikan informasi, menarik perhatian, dan
selanjutnya memberi pengaruh meningkatkan penjualan. Suatu kegiatan promosi
jika dilaksanakan dengan baik dapat mempengaruhi konsumen mengenai dimana
dan bagaimana konsumen membelanjakan pendapatannya. Strategi promosi kopi
luwak diperlukan untuk melihat bagaimana promosi selama ini yang dilakukan
oleh pengusaha kopi luwak khususnya Mr. Zian karena melihat potensi yang ada
cukup banyak dan kopi luwak telah dijadikan ikon Lampung Barat dan harga jual
yang relatif tinggi sementara pengusaha kopi luwak semakin berkurang, sehingga
diperlukan adanya penelitian tentang strategi promosi yang dijalankan baik oleh
pengusaha kopi luwak dan juga pemerintah daerah dalam meningkatkan penjualan
produk menurut perspektif ekonomi Islam.
penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari
penelitian ini adalah Periklanan yang digunakan adalah menggunakan media
internet yang dilakukan di bukalapak, facebook, dan instagram. Penjualan
langsung dilakukan berupa ucapan persuasif ketika calon pembeli datang
langsung ke CV. Kopi luwak dan juga dilakukan oleh resseler yang ada disetiap
daerah. promosi penjualan yang dilakukan adalah dengan memberikan sampel dan
juga memberikan paket harga. Hubungan Masyarakat dan Publisitas adalah
Pemerintah mengadakan pameran-pameran dan festival dalam rangka
mengenalkan budaya-budaya dan ciri khas dari Lampung Barat terutama kopi
luwak.
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Mr. Zian selaku pemilik CV. Kopi
Luwak Original telah sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan sehingga para
konsumen tidak perlu khawatir terhadap transaksi-transaksi yang dilakukan
dengan CV. Kopi Luwak Original karena selain terjamin keasliannya kopi luwak
milik Mr. Zian telah mempunyai berbagai kelengkapan usaha, yaitu surat izin
usaha, sertifikat halal MUI dan juga sertifikat keaslian kopi luwak. Selain itu,
Pelaksanaan pemasaran yang dilakukan oleh Mr. Zian juga telah sesuai dengan
prinsip Islam.
Kata Kunci : Strategi promosi, Pengusaha Kopi Luwak, Peningkatan Penjualan
Actions (login required)
 |
View Item |