IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA YASMIDA AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ariyani, Lista (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA YASMIDA AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of LISTA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan substansi penting dalam kompetensi profesional pendidik. Keberadaannya cukup berpengaruh dalam pergeseran paradigma pendidikan, peserta didik bukan lagi subyek yang selalu aktif, sedangkan pendidik bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggungjawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang konduksif dan bermakna dengan jalan memberdayakan segala komponen dalam kelas dan hal-hal yang mendukung lainnnya. Berdasarkan hasil prasurvey di SMA Yasmida Ambarawa ada beberapa indikator yang tidak dilaksanakan, yaitu: pengaturan minat/perhatian, pengaturan gairah belajar, dan penempatan peserta didik. Dengan demikian rumusan masalah yang penulisan kemukakan adalah bagaimana implementasi manajemen kelas pada pembelajaran PAI di SMA Yasmida Ambarawa dan apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas pada pembelajaran PAI di SMA Yasmida Ambarawa dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Yaitu pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dengan mengambil latar belakang SMA Yasmida Ambarawa. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah tiga pendidik PAI dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, pengumpulan dokumentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianailis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada pendidik dan calon pendidik akan pentingnya manajemen kelas pada pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen kelas pada pembelajaran PAI di SMA Yasmida Ambarawa adalah: (a) Pengaturan peserta didik (b) Pengaturan fasilitas (2) Faktor penghambat manajemen kelas pada pembelajaran PAI di SMA Yasmida Ambarawa adalah (a) Faktor peserta didik yaitu kekurangsadaran peserta didik dalam memenuhi tugas sebagai anggota satu kelas dan pelanggaran tata tertib sekolah, dan (b) Faktor fasilitas yaitu kurangnya alat media seperti LCD, dan alat peraga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:48
Last Modified: 10 Oct 2018 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item